Hamil 2 Bulan : Gelisah, Galau dan Merana

inmagine.com

Fenomena ‘gegana’ ini terjadi akibat mual muntah, susah makan, ngantuk, capek, pusing, sering cemas  dan  perut terasa linu nyut-nyutan yang merupakan keluhan umum ibu hamil di awal kehamilannya. Hamil 2 bulan adalah masa-masa dimana kita para bumil harus berjuang melawan perubahan drastis yang terjadi pada tubuh kita. Berat sekali rasanya bukan ? Beginilah caraku mengatasinya :

  1. Mual-mual :  sedia permen jahe kemanapun bunda pergi. Setiap terasa agak mual, aku langsung kunyah permen jahe sampai mualnya reda. Cara lain yang jitu yaitu minum madu 2 sendok makan. Biasanya langsung reda dan bisa nambah nafsu makan juga. Berhubung mual masih sering terutama pada siang hari, aku menggeser jam makan siang dari jam 12.30 jadi jam 15.00. Sementara siang harinya aku banyak makan buah-buahan. Kalau sikat gigi jangan terlalu heboh juga ya karena bisa memicu mual .
  2. Ngantuk dan capek : ini terjadi karena hormon progesteron yang meningkat selama kehamilan. Jadi terimalah apa adanya gak usah merasa bersalah karena selama hamil kita jadi banyak bobo-an. Pada awalnya aku juga merasa kayak orang malas tak berguna karena kebanyakan tidur, tapi dilawan pun tak bisa. Daripada dilawan malah stress, mending istirahat saja saat diterpa ngantuk berat. Karena tubuh kita sekarang sedang berjuang untuk 2 orang.

  3. Pusing : kalau aku merasa pusing -biasanya kepala terasa berat- minum air hangat dan tidur. Katanya merendam kaki dengan air hangat bisa membantu. Trus yang paling jitu sih minta suami kita pijatin kepala, dijamin langsung tidur pulas🙂 Tapi hati-hati kalau gejala pusingnya karena anemia. Harus konsultasi ke dokter tuh dan minum tablet penambah darah.

  4. Cemas : di bulan ini kebanyakan semua bumil masih cemas kok. Kita semua senasib karena kehamilan trisemester satu memang masih rawan keguguran. Aku sendiri jadi lebih sering ke kamar mandi untuk melihat celana dalam takut ada flek-flek lagi berhubung aku sering keluar flek. Padahal sebenarnya kita tidak perlu cemas. Sebab menurut salah satu penelitian, penyebab keguguran adalah kelainan kromosom dan genetik bukan karena kita melakukan ini atau tidak melakukan itu. Jadi gak perlu cemas berlebihan. Stress tidak baik untuk janin.

  5. Susah Makan : Mau gak mau ya harus dipaksa, gimana nasib anak kita kalo gak makan. Pertumbuhannya bisa terganggu dong. Pilih menu makanan yang menyegarkan misalnya salad, sup ayam, bakso (kalo bisa bikin sendiri), apa saja yang bunda suka saat itu yang kira-kira gak bikin eneg. Susah makan biasanya karena mual. Seperti yang sudah saya tulis di atas, sebelum makan minum madu atau makan permen jahe dulu.

  6. Perut Linu : ternyata ini akibat otot rahim kita yang meregang karena anak kita yang semakin membesar di dalam sana. Jadi normal-normal aja kok. Kecuali kalau kram perut hebat seperti mau mens disertai pendarahan, mungkin itu gejala keguguran.

Intinya di trisemester pertama ini kita memang harus berhati-hati menjaga kandungan, menjaga kondisi fisik dan psikis dan makan makanan sehat. Lakukan apa yang bisa kita lakukan semaksimal mungkin. Selebihnya serahkan pada Tuhan, ga perlu cemas🙂 (arifia)

About Baby Orchestra

Portal Informasi untuk ibu dan anak pada masa kehamilan dan tahap awal perkembangan anak.

Posted on July 4, 2010, in Problem Kehamilan and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 12 Comments.

  1. Bunda…saya hamil 5 minggu 4 hari…tp waktu diUSG yang kelihatan kantung janin ukuran 1,39 cm…tp saya sempat flek2…apakah itu bahaya???

  2. halo Bund,
    hal ini yang kadang bikin lemeeees banget badan, kalo muntah terus, cuapek Bund, lemeeees banget

    Dara

  3. Saya hamil 3 bln 2 minggu saya setiap hari pingin nya tidur terus kata org klu tidur ank bisa cpt gede di dlm perut pas hamil 2 bln sampe 3 bln klu mkn susah nya minta ampun mkn ini itu pas 3 suap langsung muntah setiap hari mulut mau nya mkn terus kadang gk tau musih mau mkn apa tp saya heran nya saya hamil 3 bln 2 minggu perut saya membesar kaya org hml 7 bulan…..

    • sama kyk sy waktu hamil pengennya tidur melulu. gpp sih bun, namanya lagi hamil beban tubuh kita jadi dua kali lipat. kalau cape ya tidur aja, stress juga ga baik loh buat perkembangan janin. untuk ngurangi mual makan permen jahe atau madu. buat saya manjur sekali.

  4. Mksih atas info’y bro” mw mkan mba liat mkanan az mw muntah.aplgi pgi hari udah bdan lmez pning,mual.tiap mkanan msuk prut nolak psti muntah

  5. Ќãl☺
    Permen jahe bisa mmbntu agr ƍäª
    Mual, nnti ∂ķΰ. Cobaa deh
    Ќãl☺
    ∂ķΰ. Lgi puusing ∂ķΰ. Coba tidur, tp ÿ̲̣̣̣̥Ώ̶̲̣̣̥N̤̥̈̊ģ Αϑα mlah tmbah puusing, ƍäª
    Tdur pun ttep
    άjά
    Puusing, jd serba salah

  6. Permen jahex nanti dicoba de mbak..Q hamil ud masuk bulan ke 3..susahx minta ampun,jgnkan mkan,liat aj ud muntah..sampe2 skrg cuma bisa tduran aj..ud kyak mayat hdup mbak.

  7. Usia kehamilanku 2 bln.tiap hari mual n muntah.sbntar lper,klo mkan buah rsanya tmbah laper.telat sdkit dilambung sakit.gmn cra menyiasatinya?

  8. aq ijin share artikelnya di WPku ya mba…..
    makasi…..

  9. Saya juga sering merasakan linu dan kram diperut bawah saya coba atur dengan mengatur pernafasan dan selalu berfikir positif

Komentar Bunda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 685 other followers

%d bloggers like this: