Blog Archives

Hamil 2 Bulan : Gelisah, Galau dan Merana

inmagine.com

Fenomena ‘gegana’ ini terjadi akibat mual muntah, susah makan, ngantuk, capek, pusing, sering cemas  dan  perut terasa linu nyut-nyutan yang merupakan keluhan umum ibu hamil di awal kehamilannya. Hamil 2 bulan adalah masa-masa dimana kita para bumil harus berjuang melawan perubahan drastis yang terjadi pada tubuh kita. Berat sekali rasanya bukan ? Beginilah caraku mengatasinya :

  1. Mual-mual :  sedia permen jahe kemanapun bunda pergi. Setiap terasa agak mual, aku langsung kunyah permen jahe sampai mualnya reda. Cara lain yang jitu yaitu minum madu 2 sendok makan. Biasanya langsung reda dan bisa nambah nafsu makan juga. Berhubung mual masih sering terutama pada siang hari, aku menggeser jam makan siang dari jam 12.30 jadi jam 15.00. Sementara siang harinya aku banyak makan buah-buahan. Kalau sikat gigi jangan terlalu heboh juga ya karena bisa memicu mual .
  2. Ngantuk dan capek : ini terjadi karena hormon progesteron yang meningkat selama kehamilan. Jadi terimalah apa adanya gak usah merasa bersalah karena selama hamil kita jadi banyak bobo-an. Pada awalnya aku juga merasa kayak orang malas tak berguna karena kebanyakan tidur, tapi dilawan pun tak bisa. Daripada dilawan malah stress, mending istirahat saja saat diterpa ngantuk berat. Karena tubuh kita sekarang sedang berjuang untuk 2 orang.

  3. Pusing : kalau aku merasa pusing -biasanya kepala terasa berat- minum air hangat dan tidur. Katanya merendam kaki dengan air hangat bisa membantu. Trus yang paling jitu sih minta suami kita pijatin kepala, dijamin langsung tidur pulas:) Tapi hati-hati kalau gejala pusingnya karena anemia. Harus konsultasi ke dokter tuh dan minum tablet penambah darah.

  4. Cemas : di bulan ini kebanyakan semua bumil masih cemas kok. Kita semua senasib karena kehamilan trisemester satu memang masih rawan keguguran. Aku sendiri jadi lebih sering ke kamar mandi untuk melihat celana dalam takut ada flek-flek lagi berhubung aku sering keluar flek. Padahal sebenarnya kita tidak perlu cemas. Sebab menurut salah satu penelitian, penyebab keguguran adalah kelainan kromosom dan genetik bukan karena kita melakukan ini atau tidak melakukan itu. Jadi gak perlu cemas berlebihan. Stress tidak baik untuk janin.

  5. Susah Makan : Mau gak mau ya harus dipaksa, gimana nasib anak kita kalo gak makan. Pertumbuhannya bisa terganggu dong. Pilih menu makanan yang menyegarkan misalnya salad, sup ayam, bakso (kalo bisa bikin sendiri), apa saja yang bunda suka saat itu yang kira-kira gak bikin eneg. Susah makan biasanya karena mual. Seperti yang sudah saya tulis di atas, sebelum makan minum madu atau makan permen jahe dulu.

  6. Perut Linu : ternyata ini akibat otot rahim kita yang meregang karena anak kita yang semakin membesar di dalam sana. Jadi normal-normal aja kok. Kecuali kalau kram perut hebat seperti mau mens disertai pendarahan, mungkin itu gejala keguguran.

Intinya di trisemester pertama ini kita memang harus berhati-hati menjaga kandungan, menjaga kondisi fisik dan psikis dan makan makanan sehat. Lakukan apa yang bisa kita lakukan semaksimal mungkin. Selebihnya serahkan pada Tuhan, ga perlu cemas:) (arifia)

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 685 other followers

%d bloggers like this: