Perkembangan Janin dari Minggu ke Minggu


Minggu pertama – 8 hari selepas proses persenyawaan berlaku, blastocyst (kini mengandungi 200 sel) merembeskan mukus untuk memberitahu kehadirannya di dalam rahim.

Minggu ke-2 – Blastocyst menggelembung dan sel-sel mula berkembang dan terbahagi kira-kira 2 kali sehari sehinggalah pada hari yang ke-12 jumlahnya telah bertambah dan membantu blastocyst terpaut atau disauh dengan kukuh pada endometrium.

Minggu ke-3 – Saiz embrio terbentuk dan saiznya hanyalah sepanjang 0.08 inci/2 mm. Gen janin mula hendak membentuk dalam 3 lapisan benih (sel) daripada organ badan yang akan bergabung.

Minggu ke-4 - Janin sudah mulai membentuk struktur asas manusia dimana sel-sel mula bergabung dan pada masa itu embrio sudah mulai memanjang kira-kira 1/4 inci (6 mm = sebesar biji tembikai). Pada masa ini sudah kelihatan pembentukan otak dan tulang belakang serta anggota lain seperti jantung yang mengepam darah ke paru-paru dan aorta (urat besar yang membawa darah daripada jantung).

Minggu ke-5 - Embrio akan terus membesar. Terdapat 3 lapisan iaitu ectoderm, mesoderm dan dan endoderm. Ectoderm adalah lapisan yang paling atas. Ianya akan membentuk sistem saraf pada janin tersebut yang seterusnya membentuk otak, tulang belakang, kulit serta rambut. Manakala lapisan mesoderm pula yang berada pada lapisan tengah akan membentuk organ penting yang asas iaitu jantung, buah pinggang, tulang dan organ reproduktif. Sistem peredaran darah adalah yang pertama terbentuk dan berfungsi. Akhir sekali ialah lapisan endoderm iaitu lapisan paling dalam yang akan membentuk organ dalaman seperti usus, hati, pankreas dan pundi kencing.

Minggu ke-6 - Sekiranya pemeriksaan secara ultrasound dilakukan, kita akan dapat melihat janin sudah membentuk kepada dan badan. Biasanya getaran jantungnya juga sudah dapat dikesan.

GARAGE SALE BAYI

Minggu ke-7 – Pembentukan bayi semakin jelas terbentuk. Kepala bayi seolah-olah tertunduk dan berada dalam cecair (air ketuban atau amnotic sac) yang akan memberikan keperluan tumbesaran bayi semasa dalam kandungan.

Janin usia 8 Minggu

janin 8 minggu

Seluruh organ tubuh utama bayi telah terbentuk meskipun belum berkembang sempurna. Mata dan telinga mulai terbentuk. Jantung berdetak kuat. Dengan ultrasound kita dapat melihat jantung janin berdenyut.

Minggu ke-9 :

Telinga bagian luar mulai terbentuk, kaki dan tangan terus berkembang berikut jari kaki dan tangan mulai tampak. Ia mulai bergerak walaupun Anda tak merasakannya. Dengan Doppler, Anda bisa mendengar detak jantungnya. Minggu ini, panjangnya sekitar 22-30 mm dan beratnya sekitar 4 gram.

Minggu ke-10 :

Semua organ penting yang telah terbentuk mulai bekerjasama. Pertumbuhan otak meningkat dengan cepat, hampir 250.000 sel saraf baru diproduksi setiap menit. Ia mulai tampak seperti manusia kecil dengan panjang 32-43 mm dan berat 7 gram.

Minggu ke-11 :

Panjang tubuhnya mencapai sekitar 6,5 cm. Baik rambut, kuku jari tangan dan kakinya mulai tumbuh. Sesekali di usia ini janin sudah menguap.

Gerakan demi gerakan kaki dan tangan, termasuk gerakan menggeliat, meluruskan tubuh dan menundukkan kepala, sudah bisa dirasakan ibu. Bahkan, janin kini sudah bisa mengubah posisinya dengan berputar, memanjang, bergelung, atau malah jumpalitan yang kerap terasa menyakitkan sekaligus memberi sensasi kebahagiaan tersendiri

Janin usia 12 Minggu

janin 12 minggu

Panjang janin sekarang sekitar 6,5 cm dan bobotnya sekitar 18 gram. Kepala bayi menjadi lebih bulat dan wajah telah terbentuk sepenuhnya. Jari-jari tangan dan kaki terbentuk dan kuku mulai tumbuh. Bayi mulai menggerak-gerakkan tungkai dan lengannya, tetapi ibu belum dapat merasakan gerakan-gerakan ini.

Minggu ke-13 :

Pada akhir trimester pertama, plasenta berkembang untuk menyediakan oksigen , nutrisi dan pembuangan sampah bayi. Kelopak mata bayi merapat untuk melindungi mata yang sedang berkembang. Janin mencapai panjang 76 mm dan beratnya 19 gram.

Kepala bayi membesar dengan lebih cepat daripada yang lain. Badannya juga semakin membesar untuk mengejar pembesaran kepala.

Minggu ke-14 :

Tiga bulan setelah pembuahan, panjangnya 80-110 mm dan beratnya 25 gram. Lehernya semakin panjang dan kuat. Lanugo, rambut halus yang tumbuh di seluruh tubuh dan melindungi kulit mulai tumbuh pada minggu ini. Kelenjar prostat bayi laki-laki berkembang dan ovarium turun dari rongga perut menuju panggul.

Detak jantung bayi mulai menguat tetapi kulit bayi belum tebal karena belum ada lapisan lemak

Minggu ke-15 :

Tulang dan sumsum tulang di dalam sistem kerangka terus berkembang. Jika bayi Anda perempuan, ovarium mulai menghasilkan jutaan sel telur pada minggu ini. Kulit bayi masih sangat tipis sehingga pembuluh darahnya kelihatan. Akhir minggu ini, beratnya 49 gram dan panjang 113 mm

Bayi sudah mampu menggenggam tangannya dan mengisap ibu jari. Kelopak matanya masih tertutup
Janin usia 16 Minggu

foto janin 16 minggu

Panjang janin sekarang sekitar 16 cm dan bobotnya sekitar 35 gram. Dengan bantuan scan, kita dapat melihat kepala dan tubuh bayi, kita juga dapat melihatnya bergerak-gerak. Ia menggerak-gerakkan seluruh tungkai dan lengannya, menendang dan menyepak. Inilah tahap paling awal di mana ibu dapat merasakan gerakan bayi. Rasanya seperti ada seekor kupu-kupu dalam perutmu. Tetapi, ibu tidak perlu khawatir jika belum dapat merasakan gerakan ini. Jika si bayi adalah anak pertama, biasanya ibu agak lebih lambat dalam merasakan gerakannya.

Minggu ke-17 :

Dengan panjang 12 cm dan berat 100 gram, bayi masih sangat kecil. Lapisan lemak cokelat mulai berkembang, untuk menjada suhu tubuh bayi setelah lahir. Tahukah Anda ? Saat dilahirkan, berat lemak mencapai tiga perempat dari total berat badannya.

Rambut, kening, bulu mata bayi mulai tumbuh dan garis kulit pada ujung jari mulai terbentuk. Sidik jari sudah mulai terbentuk

Minggu ke-18 :

Mulailah bersenandung sebab janin sudah bisa mendengar pada minggu ini. Ia pun bisa terkejut bila mendengar suara keras. Mata bayi pun berkembang. Ia akan mengetahui adanya cahaya jika Anda menempelkan senter yang menyala di perut. Panjangnya sudah 14 cm dan beratnya 140 gram.

Bayi sudah bisa melihat cahaya yang masuk melalui dinding rahim ibu. Hormon Estrogen dan Progesteron semakin meningkat.

Minggu ke-19 :

Tubuh bayi diselimuti vernix caseosa, semacam lapisan lilin yang melindungi kulit dari luka. Otak bayi telah mencapai jutaan saraf motorik karenanya ia mampu membuat gerakan sadar seperti menghisap jempol. Beratnya 226 gram dengan panjang hampir 16 cm.

Janin usia 20 Minggu

janin 20 minggu

Bayi masih berenang-renang dalam lautan air ketuban. Ia tumbuh dengan pesat, baik dalam bobot maupun panjangnya yang sekarang telah mencapai 25 cm, yaitu separuh dari panjangnya ketika ia dilahirkan nanti dan bobotnya sudah sekitar 340 gram. Bayi membuat gerakan-gerakan aktif yang dapat dirasakan ibu. Mungkin ibu memperhatikan ada saat-saat di mana bayi tampaknya tidur, dan saat-saat lain di mana ia melakukan banyak gerak.

Minggu ke-21 :

Usus bayi telah cukup berkembang sehingga ia sudah mampu menyerap atau menelan gula dari cairan lalu dilanjutkan melalui sistem pencernaan manuju usus besar. Gerakan bayi semakin pelan karena beratnya sudah 340 gram dan panjangnya 20 cm
Minggu ke-22 :
Indera yang akan digunakan bayi untuk belajar berkembang setiap hari. Setiap minggu, wajahnya semakin mirip seperti saat dilahirkan. Perbandingan kepala dan tubuh semakin proporsional


Minggu ke-23 :

Meski lemak semakin bertumpuk di dalam tubuh bayi, kulitnya masih kendur sehingga tampak keriput. Ini karena produksi sel kulit lebih banyak dibandingkan lemak. Ia memiliki kebiasaaan “berolahraga”, menggerakkan otot jari-jari tangan dan kaki, lengan dan kaki secara teratur. Beratnya hampir 450 gram

Tangan dan kaki bayi telah terbentuk dengan sempurna, jari juga terbentuk sempurna.

Janin usia 24 Minggu

foto janin 24 minggu

Sekarang panjang bayi sekitar 32 cm dan bobotnya 500 gram. Ibu dapat merasakan bagian-bagian tubuh bayi yang berbeda yang menyentuh dinding perutnya. Otot rahim ibu meregang dan terkadang ibu merasakan sakit di bagian perutnya.

Minggu ke-25 :
Bayi cegukan, apakah Anda merasakannya? Ini tandanya ia sedang latihan bernafas. Ia menghirup dan mengeluarkan air ketuban. Jika air ketuban yang tertelan terlalu banyak, ia akan cegukan.
Tulang bayi semakin mengeras dan bayi menjadi bayi yang semakin kuat. Saluran darah di paru-paru bayi sudah semakin berkembang. Garis disekitar mulut bayi sudah mulai membentuk dan fungsi menelan sudah semakin membaik. Indera penciuman bayi sudah semakin membaik karena di minggu ini bagian hidung bayi (nostrils) sudah mulai berfungsi. Berat bayi sudah mencapai 650-670 gram dengan tinggi badan 34-37 cm.

Minggu ke-26 :

Bayi sudah bisa mengedipkan matanya selain itu retina matanya telah mulai terbentuk. Aktifitas otaknya yang berkaitan dengan pendengarannya dan pengelihatannya sudah berfungsi, bunda dapat memulai memperdengarkan lagu yang ringan dan mencoba untuk memberi cahaya lebih disekitar perut, mungkin bunda akan merasakan anggukan kepala si kecil. Berat badan bayi sudah mencapai 750-780gram, sedangkan tingginya 35-38 cm.

Minggu ke-27 :
Minggu pertama trimester ketiga, paru-paru, hati dan sistem kekebalan tubuh masih harus dimatangkan. Namun jika ia dilahirkan, memiliki peluang 85% untuk bertahan.
Indra perasa mulai terbentuk. Bayi juga sudah pandai mengisap ibu jari dan menelan air ketuban yang mengelilinginya. Berat umum bayi seusia si kecil 870-890 gram dengan tinggi badan 36-38 cm.
Minggu ke-28 :
Minggu ini beratnya 1100 gram dan panjangnya 25 cm. Otak bayi semakin berkembang dan meluas. Lapisan lemak pun semakin berkembang dan rambutnya terus tumbuh.
Lemak dalam badan mulai bertambah. Walaupun gerakan bayi sudah mulai terbatas karena beratnya yang semakin bertambah, namun matanya sudah mulai bisa berkedip bila melihat cahaya melalui dinding perut ibunya. Kepalanya sudah mengarah ke bawah. Paru-parunya belum sempurna, namun jika saat ini ia terlahir ke dunia, si kecil kemungkinan besar telah dapat bertahan hidup.

Minggu ke-29 :
Kelenjar adrenalin bayi mulai menghasilkan hormon seperti androgen dan estrogen. Hormon ini akan menyetimulasi hormon prolaktin di dalam tubuh ibu sehingga membuat kolostrum (air susu yang pertama kali keluar saat menyusui).
Sensitifitas dari bayi semakin jelas, bayi sudah bisa mengidentifikasi perubahan suara, cahaya, rasa dan bau. Selain itu otak bayi sudah bisa mengendalikan nafas dan mengatur suhu badan dari bayi. Postur dari bayi sudah semakin sempurna sebagai seorang manusia, berat badannya 1100-1200 gram, dengan tinggi badan 37-39 cm.

Janin usia 30 Minggu

foto janin 30 minggu

Kepala bayi sekarang sudah proporsional dengan tubuhnya. Ibu mungkin mengalami tekanan di bagian diafrakma dan perut. Sekarang bobot bayi sekitar 1700 gram dan panjangnya sekitar 40 cm.

Minggu ke-31 :

Plasenta masih memberikan nutrisi yang dibutuhkan bayi. Aliran darah di plasenta memungkinkan bayi menghasilkan air seni. Ia berkemih hampir sebanyak 500 ml sehari di dalam air ketuban

Perkembangan fisik bayi sudah mulai melambat pada fase ini, hanya berat badan bayilah yang akan bertambah. Selain itu lapisan lemak akan semakin bertambah dibawah jaringan kulitnya. Tulang pada tubuh bayi sudah mulai mengeras, berkembang dan mulai memadat dengan zat-zat penting seperti kalsium, zat besi, fosfor. Berkebalikan dengan
perkembangan fisiknya, pada fase ini perkembangan otaknyalah yang berkembang dengan sangat pesat dengan menghasilkan bermilyar sel. Apabila diperdengarkan musik, bayi akan bergerak. Berat badan bayi 1550-1560 gram dengan tinggi 41-43 cm.
Minggu ke-32 :
Jari tangan dan kaki telah tumbuh sempurna, begitu pula dengan bulu mata, alis dan rambut di kepala bayi yang semakin jelas. Lanugo yang menutupi tubuh bayi mulai rontok tetapi sebagian masih ada di bahu dan punggung saat dilahirkan. Dengan berat 1800 gram dan panjang 29 cm, kemampuan untuk bertahan hidup di luar rahim sudah lebih baik apabila di dilahirkan pada minggu ini.
Kulit bayi semakin merah, kelopak matanya juga telah terbuka dan system pendengaran telah terbentuk dengan sempurna. Kuku dari jari mungil tangan dan kaki si kecil sudah lengkap dan sempurna. Rambutnya pun semakin banyak dan semakin panjang. Bayi sudah mulai bisa bermimpi .
Minggu ke-33 :Bayi telah memiliki bentuk wajah yang menyerupai ayah dan ibunya. Otak bayi semakin pesat berkembang. Pada saat ini juga otak bayi sudah mulai bisa berkoordinasi antara lain, bayi sudah menghisap jempolnya dan sudah bisa menelan. Walaupun tulang-tulang bayi sudah semakin mengeras tetapi otot-otot bayi belum benar-benar bersatu. Bayi sudah bisa mengambil nafas dalam-dalam walaupun nafasnya masih di dalam air. Apabila bayinya laki-laki maka testis bayi sudah mulai turun dari perut menuju skrotum. Berat badan bayi 1800-1900 gram, dengan tinggi badan sekitar 43-45 cm.
Minggu ke-34 :
Bayi berada di pintu rahim. Bayi sudah dapat membuka dan menutup mata apabila mengantuk dan tidur, bayi juga sudah mulai mengedipkan matanya. Tubuh bunda sedang mengirimkan antibodi melalui darah bunda ke dalam darah bayi yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuhnya dan proses ini akan tetap terus berlangsung bahkan lebih rinci pada saat bunda mulai menyusui. Berat Badan bayi 2000-2010 gram, dengan tinggi badan sekitar 45-46 cm.

Minggu ke-35 :
Pendengaran bayi sudah berfungsi secara sempurna. Lemak dari tubuh bayi sudah mulai memadat pada bagian kaki dan tangannya, lapisan lemak ini berfungsi untuk memberikan kehangatan pada tubuhnya. Bayi sudah semakin membesar dan sudah mulai memenuhi rahim bunda. Apabila bayi bunda laki-laki maka di bulan ini testisnya telah sempurna. Berat badan bayi 2300-2350 gram, dengan tinggi badan sekitar 45-47 cm.

Janin usia 36 Minggu

foto janin 36 minggu

Bayi sudah hampir sepenuhnya berkembang. Sewaktu-waktu ia dapat turun ke rongga pinggul ibu. Kulit bayi sudah halus sekarang dan tubuhnya montok. Apabila ia bangun, matanya terbuka dan ia dapat membedakan antara terang dan gelap. Sekarang panjang bayi sekitar 50 cm dan bobotnya berkisar antara 2500 hingga 4500 gram.

Janin usia 37 hingga 42 Minggu

Kepala bayi turun ke ruang pelvik. Bentuk bayi semakin membulat dan kulitnya menjadi merah jambu. Rambutnya tumbuh dengan lebat dan bertambah 5cm. Kuku terbentuk dengan sempurna. Bayi sudah bisa melihat adanya cahaya diluar rahim. Bayi pada saat ini sedang belajar untuk mengenal aktifitas harian, selain itu bayi juga sedang belajar untuk melakukan pernafasan walaupun pernafasannya masih dilakukan di dalam air. Berat badan bayi di minggu ini 2700-2800 gram, dengan tinggi 48-49 cm

Bayi siap lahir. Ibu tidak perlu khawatir jika bayinya tidak lahir tepat pada waktu yang telah diperkirakan. Persentasenya hanya 5% bayi lahir tepat pada tanggal yang diperkirakan. Waktu yang telah lama dinanti hampir tiba dan si bayi akan segera melihat dunia. Sementara itu, rambut lanugo (= rambut badan) bayi telah lenyap meskipun mungkin masih ada yang tersisa di punggung dan dahinya. Sebagian bayi lahir agak terlalu cepat, sebagian lainnya agak sedikit terlambat, tetapi mereka sungguh lahir! Baiklah, selamat berbahagia dan bersukacita atas kelahiran si mungil di tengah-tengah kita!

GARAGE SALE BAYI

Artikel Terkait :

Artikel Terbaru :

About these ads

About Baby Orchestra

seorang emak biasa ;)

Posted on September 3, 2010, in Perkembangan Janin and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 63 Comments.

  1. Great attention has been paid to the real world environment that you are
    flying through. One of the best kept secrets to purchasing
    star players without any competition from other gamers.
    If you get them on the paint of the vehicle, it’s
    gone or seriously bleached out.

  2. While some fire Pokemon keep their flames on the outside this Pokemon
    actually keeps it’s flame in a special place inside it’s body.
    The ‘Pokemon Bank’ adds many new features to ‘Pokemon X’ and
    ‘Pokemon Y. 6, an insider claimed that the studio behind ‘Pokemon X’ and ‘Pokemon Y’ is already working on the seventh
    generation of mainline video games for the franchise.

  3. The development team stated that they are busy
    with adding new contents to TU14 patch along with fixing several glitches.
    It assists in fabulous audio visual solutions to
    the lifestyle of Kochi,one of the fastest growing metros in India.
    ve conquered their unique program ce gnerator, man
    of us were n a position to produce our personal and we all can crate
    clear of charge Minecraft uniqe coes to suit your needs.

  4. obatherbalalergiok

    Terima kasih banyak atas semua infonya, sungguh sangat bermanfaat sekali artikelnya
    http://goo.gl/5zJIpW

  5. obatherbalalergiok

    Terima kasih banyak atas semua infonya,..
    http://goo.gl/5zJIpW

  6. Terima kasih banyak atas semua infonya, salam sukses..
    http://goo.gl/A7pu3T

  7. lengkap sekali artikelnya bunda, terima kasih ….

  8. subhanallah,,senengnya yg dh hamil,aku dh mau 1thn,tp blm hamil2 jg ni :’(

  9. Subhanallah maha besar Allah…telah menciptakan manusia dg sebaik2 bentuk..‎​الْحَمْدُ لِلَّهِ saya sedang hamil,usia kandungan 6 minggu.smg calon buah hati kami sehat selalu dan tumbuh berkembang menjadi janin yang kuat…walaupun berkali2 membacannya ttp mmbuat dri ini terharu dan menitik kan air mata.artikel ni begitu sangat bermanfaat…

  10. Hemb. . .jd pengen usg ne. . .tp bru hmil 15 minggu msih kecil ya. . .

  11. sekarang saya sudah hamil dan janinku sudah berumur 26 minggu . semoga dia menjadi anak yang berbakti kelak . amien .

  12. q hamil 12 minggu…pas di usg..katanya panjangnya sekitar 3,7cm…normalkah? kalo baca dr bbrp blog..kok katany panjang sekitar 9cm? takut kalo ada apa2..tapi smoga aja baik2 n normal semua..aminn…

  13. jadi inget waktu hamil jagoan kecilku :) love you al’fathan

  14. sisil natalia burma

    infonya bermanfaat sekali,,saya jadi mengerti tentang pertumbuhan bayi saya…tanks

  15. Tq buat infonya…
    Bermanfaat banget,,rasanya jd makin deket sm buah hatiq.
    Semoga berkah.amin

  16. Makasih,infonya lengkap,insyaallah bermanfaat menambah pngetahuan bagi para ibu hamil lainya,makasih

  17. Smoga bayinya aq bs lhir dengan selamat yah..! Dan tumbuh besar untuk membanggakan ortu !! I lov you my baby :-*

  18. minta izin nyetak ya,, bgs bgt penjelasannya,,…

  19. trima kasih…., artikelnya bener2 bermanfaat

  20. KA ANGGE PISAN ARTIKELNA,,, NUHUN

  21. ngeliat bayi dalam kandungan jadi pengen hamil lagi thx bgt info’y

  22. nuhun infonya.

  23. Mkacih artikelnya,,
    Bagus,, dan bermanfaat,,

  24. thanks 4 infonya….

  25. Mohon ijin menyedot…. tx

  26. wah Infonya Truly Manfaat..trims

  27. thanx ats info’a…..
    rsa’a terharu bgt…..
    gk sbr nunggu 4bln gi

  28. subhanallah..terharuuu bgt,,,smoga aq dan janin q,sehat sampai ia lahir kedunia…semoga para bunda jg sep tu…
    thanks info na,jd lebih faham yg sebelum na sudah faham….

  29. saya sangat bangga menjadi seorang wanita karena laki2 tdk dapat merasakan bagaimana rasanya mengandung & menyusui….sungguh pengalaman yg sangat exaiting….skrg saya berencana utk program anak ke 3 tapi apakah ada program untuk menentukan jenis kelamin anak…..apabila memang ada saya sangat berterima kasih utk informasinya :)

  30. terharu baca nya…..kehamilanku skrg 34w. Meski ini kehamilan ke 4, tp…sy mrasa g sabar lg mo ngelahirin baby ku. Apalg si kakak….dia sk sibuk ngurusin perlengkapan ade nya. Ya Allah…meski ada lilitan pd baby dlm kandunganku, semoga Engkau lancarkan proses kelahirannya dn Engkau selamatkn kami semua nantinya, amiiin!!! Mohon doanya ya teman2…!

  31. puji fauziyyah

    alhmdllh…usia kandunganku udah 29mgg ,,dan info ini sangat bermanfaat sekali bwt saya ….tq

  32. udh ga sbar ngliat baby q yg br 28w,smga sllu d bri kmdhan&klncaran smpe mlhrkan dan baby^y sehat+smprna,amien…
    doa’n yach

  33. Lulun nugraha

    Uda gak sbr pgn cpt2 ktmu buah hati .. 34 mgu .. Bentar lg , (:

  34. makasih infonya,, sampe mewek, sambil elus2 si dedek di dalem perut,, udah 24w skg… semoga semua lancar dan sehat selalu,,, aamiin

  35. thanks u/ infonya…rasanya sudah ga sabar menunggu klahiran buah hatiku…

  36. ya allah liatnya sampe menitikan air mata,aq lagi siaga untuk menanti kelahiran anak pertama qu,doakan semoga lancar ya teman2 :),thx atas infona

  37. jadi makin cinta dan sayang ma anakku yang masih berumur 26 minggu dalam perutku,,,,

  38. Ya Allah sungguh besar Mu’jizat-MU… Semoga Engkau selalu berikan Barokah & Hidayah-MU kepada Keluarga KecilQ… Amiiin….

  39. Reblogged this on Living Life and commented:
    it’s a really great post..

  40. Mengamati perkembangan bayi dari waktu ke waktu memang menegangkan sekaligus menyenangkan

  41. Hai dok,mau tanya nih,saya sudah memiliki putra umur 2,5tahun ,wkt setelah sy menikah,saya lgsg hamil tanpa jeda datang bulan,wktu itu kandungan saya tdk ada masalah dan melahirkan caesar,saya sudah hamil kembali 2 kali tp kedua2nya keguguran ketika kehamilan 6 minggu,yg pertama itu plg dr konsul dokter yg blg saya positif hamil,dan malamnya keguguran,yg kedua keluar flek dr siang dan malamnya keluar dok,yg saya tanyakan kenapa terjadi hal demikian,apa yg harus saya lakukan jika ingin hamil lagi saya takut keguguran utk ketiga kali nya dok,mohon jawabannya dok,terimakasih

    • Harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apa penyebab dari keguguran tersebut.
      Pemeriksaan yang dilakukan bisa berupa tes darah dari Bunda dan suami untuk melihat kromosomnya atau bisa juga menjalani pemeriksaan ACA (anticardiolipin) yaitu pemeriksaan kekentalan darah. Jika Bunda terkena sindrom ACA, maka darahnya akan cepat mengental yang mengakibatkan aliran darah ke janin terhambat sehingga janin kekurangan zat gizi dan oksigen.
      Penyebab keguguran yang paling besar adalah akibat kelainan kromosom yang disebabkan oleh orangtuanya yaitu sekitar 60 persen. Kelainan ini disebabkan karena saat proses pembuahan tersebut sel telur atau spermanya tidak bagus.
      Jadi Bunda harus periksakan diri ke dokter kandungan Bunda. Semoga berhasil :)

  42. Sungguh besar Kuasa ALLAH, dari segumpal darah menjadi seorang bayi, makasih dah share, sungguh ilmu yang sangat bermanfaat, bunda menanti kehadiranmu baby ku sayang….

  43. Sungguh kuasa Allah, dari segumpal darah menjadi seorang bayi, makasih dah share, sungguh sangat bermanfaat… bunda menanti kehadiranmu baby ku sayang….

  44. thanks info nya aku jadi tahu setidak nya perkembangan buah hati kami yang udah usia 24 minggu.jadi tambah semangat.moga bermanfaat buat orang banyak.sukses selalu

  45. Subhanallah,,, g ada alasan lg bwt g memuji & bersyukur sm Alloh yg udh ngasih ilmu sm manusia smpe bs nemuin teknologi seberharga ini… Makin sayang aja ibu sm kamu nak, mdh2n km slalu berkembang sehat & sempurna g kurang 1 apapun ky kaka km skrng… Mdh2an smua ibu yg lg hamil saat ini & jg janinnya slalu sehat Amin : )

  46. subhanallah…..mujizat yg paling besar di dunia…thx udah muat tulisan ini. anakku juga terharu

  47. yg aborsi kandungan dosa banget tuh !

  48. wowww……jadi terharu.

  49. luar biasa….jadi terharu nih hiksss….mam maapin aku ya.jadi inget mamaku

  50. inilah sebabnya mengapa manusia sangat berharga. kita berawal dari tempat yang sama.

  51. tiap ngeliat gambar2 ini hati saya terharu. informasi ini bikin saya merasa makin dekat dengan anak di kandungan ini

  52. nangis deh

  53. waktu aku hamil 1 bulan, dokter kandunganku salah diagnosa, dia blg kandunganku udah 2bln dan gak berkembang.ternyata anakku skrg berkembang pesat. waktu lahir 3,6 kg. skrg 4 bln dah 8 kg. yg salah usg atau dokternya?

  54. teknologi memungkinkan ini semua

  55. Mkceeh bwt info’y…
    ALhamdulillah aku skr sedang mengandung anak pertama ku. Usia kandungan ku 7 minggu…
    Seneng bgt bs tau n Liat bagaimana janin berkembang dLm perut qta ya..
    SubhanaLLah….

  56. trims ya atas infonya, saya jd tahu lebih banyak, semoga bermanfaat juga untuk yg lain,amin…..

  57. thanks you , ats infonya

Silakan coerhat bun...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 624 other followers

%d bloggers like this: