Mitos Bayi baru lahir

inmagine.com

Sejak awal masa kehamilan, para bumil seringkali dibombardir dengan berbagai mitos dan nasehat tentang cara merawat dan membesarkan bayi. Mulai dari ibu kita sendiri, mertua, ipar-ipar bahkan para tetangga pun ikut ramai kasih ceramah. Banyak mitos yang bisa dipertanggungjawabkan ada juga yang tidak berdasarkan fakta. Nasehat mana yang harus kita turuti ? Berikut mitos yang sering muncul vs fakta pendukungnya:

1. Mitos: Gurita bayi mencegah perut buncit.
Fakta: Salah. Pemakaian gurita pada bayi (terutama bayi perempuan) sama sekali tidak ada hubungannya dengan upaya pencegahan agar perut tidak melar ketika dewasa. Ketika dilahirkan, semua bayi memiliki perut yang ukurannya lebih besar daripada dada. Seiring pertambahan usia, perut bayi akan terlihat mengecil. Pemakaian gurita malah sebaiknya dihindari, karena membuat bayi susah bernapas.

2. Mitos: Uang logam yang ditempel di pusar bisa mencegah bodong.
Fakta: Salah. Tak hanya mitos, hal ini berbahaya karena uang logam (yang pastinya kotor) bisa menyebabkan infeksi! Pusar menonjol alias bodong adalah kondisi yang wajar. Otot dinding perut pada bayi masih lemah, sehingga bisa mempengaruhi bentuk pusar. Jangan khawatir karena seiring bertambah kuatnya dinding perut, bentuk pusar juga akan mengalami  perubahan.

3. Mitos: Agar mancung, tarik-tarik hidung bayi sejak dini.
Fakta: Salah. Anatomi hidung seseorang ditentukan oleh bentuk tulang hidung dan ini bersifat genetis.

4. Mitos: Bedong membuat bayi tidur nyaman dan tak ‘masuk angin’.
Fakta: Benar. Bedong memang bisa mencegah ‘masuk angin’ dan membuat bayi tidur nyenyak. Ketika dibedong, bayi merasa seperti sedang dipeluk. Hasilnya? Ia merasa nyaman dan hangat.

5. Mitos: Jangan ajak bayi ke luar rumah sebelum 40 hari.
Fakta: Benar. Bayi yang usianya masih dalam hitungan hari memiliki daya tahan tubuh yang amat rendah. Begitu ada kuman atau virus yang masuk kedalam tubuhnya, ia mudah jatuh sakit.

6. Mitos: Embun pagi di rumput akan membuat anak cepat berjalan.
Fakta: Benar. Paduan antara dinginnya embun pagi dan tekstur rumput memang bisa merangsang saraf-saraf yang ada di telapak kaki anak.Rangsangan ini nantinya akan diteruskan ke otak. Saat kakinya diletakkan di atas rumput, anak akan merasa nyaman (seolah-olah dipijat!) dan hal itu akan memancingnya untuk melangkah.

Adakah lagi mitos yang bunda ketahui ? Mari share di sini. Siapa tahu itu bukan sekedar mitos namun pengetahuan berharga yang bermanfaat bagi bumil lain yang membutuhkan.

Advertisements

About Baby Orchestra

Portal Informasi untuk ibu dan anak pada masa kehamilan dan tahap awal perkembangan anak.

Posted on July 14, 2011, in Perawatan Bayi and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Klo koin buat puser bodong ak pernah pake ke baby ku.Soalnya pusernya keluar tp ak lapisi pake kassa steril sebelumnya jg ak cuci pake alkohol 70% coz puser anak ku motongnya kurang mepet jd ada sisa lumayan besar.Kasihan klo sampe gede bodong trs mana anak cewek.Coz tetanggaku ada sampe kls 3 SD ttp aja tu Puser nongol

  2. kl uang logam atau koin untuk mencegah pusar bodong npa mzti slah, krn yg sy tw dan sy ngbuktin sndiri itu bnr kl koin bs mencegah pusar bodong dibnding dgn ank yg tdk dberi koin,
    akan tetapi sya menggunakan koin’y d’lapisi dngn kassa yg d’doubel” bkn koin scr lgsg yg sy tempelkan dipusar’y,

  3. Kalo’ yg embun pagi tuw mulai umur brp yach??
    Truz caranya gmn?

  4. two thumbs up, info yg cerdas & masuk akal : )
    bisa diprint bwt dikasihin ke ortu/mertua biar ga usah ngelawan tanpa alasan hehehe

Komentar Bunda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: