Efek Pemakaian Gurita Sehabis Melahirkan

“Saya wanita berusia 34 tahun yang baru saja melahirkan seorang bayi laki-laki lewat operasi Caesar. Tindakan Caesar terpaksa diambil karena menjelang saat kelahiran, saya tidak mengalami pembukaan seperti seharusnya. Operasi berjalan kira-kira setengah bulan lalu. Bekas operasi masih terasa perih, terutama saat berjalan. Ibu saya memaksa saya memakai semacam gurita yang dililitkan pada perut. Tujuannya agar perut cepat kembali langsing. Ia mengkhawatirkan bentuk tubuh saya yang cenderung besar. Yang menganjurkan penggunaan gurita bukan hanya ibu, tapi juga mertua, tante, dan kakak perempuan saya. Apakah memang penggunaan gurita ini diperbolehkan secara medis?” (Surat dari Aisyah, Padang)

Menurut dr Ferryal Loetan, ASC&T, SpRM, MKes (MMR), sex consultant and rehabilitation specialist di Klinik Win, segala sesuatu yang baik itu memang tidak selalu menyenangkan. Teknik membebat seperti yang dianjurkan ibu, mertua, tante, dan kakak Anda sebenarnya juga dianjurkan dalam dunia medis. Sangat dianjurkan malah.

Teknik ini terutama sangat baik dilakukan untuk mencegah luka tertekan dari dalam. Sangat baik untuk proses penyembuhan. Jadi menurut saya, Anda juga bisa mulai mencoba teknik membebat ini. Tetapi ingatlah, jangan memaksakan diri, apalagi Anda baru saja masuk dalam fase permulaan.

Kalau merasa tidak nyaman, sebaiknya bebat itu dilepas dahulu. Setelah beberapa saat, cobalah lagi. Ulangi terus sampai Anda merasa nyaman. Semoga dengan demikian hasilnya bisa maksimal.

Posted on July 27, 2011, in Persalinan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. apakah sudah ada penelitian mengenai manfaat pemakaian stagen pada ibu nifas secara ilmiahnya?
    kalo sudah, tolong share ke saya ya….
    apa saja manfaat pemakaian stagen pada ibu nifas?
    sangat ditunggu balasannya…..^_^

  2. iya, di dunia medis malah di anjurkan, saya sebelum caesar di suruh dokter dan perawat utk mempersiapkan gurita. justru saya merasa nyaman pakai gurita, karena klo ga ada gurita, luka bekas operasi terasa sakit. jadi gurita mengurangi sakit bekas operasi.

    • pilih gurita jg harus selektif. krn gurita jaman skrg pendek2. lebih baik dicoba dulu supaya pas di tubuh dan bahannya nyaman. kalo gak, perut malah nongol kemana2 🙂

Komentar Bunda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: