Pilihan Persalinan

inmagine.com

Memilih persalinan yang ibu inginkan

Kalau kehamilan Ibu tidak bermasalah, tentu dokter akan membebaskan  Ibu memilih persalinan yang paling nyaman untuk Ibu.

Diskusikan hal ini dengan suami dan dokter. Kalau pun Ibu mau merubah pilihan, ketika saat persalinan tiba, dokter juga akan membantu yang terbaik untuk Ibu.

Melahirkan di Rumah Sakit Bersalin

Jika memilih melahirkan di rumah sakit, Ibu akan dibantu oleh para ahli dengan fasilitas lengkap. Ibu  bisa memilih pereda sakit yang akan digunakan, dan mendapat fasilitas operasi caesar yang cepat selain itu, dalam keadaan darurat Ibu akan bisa ditangani dengan cepat.

Cari informasi tentang fasilitas rumah sakit sesuai pilihan persalinan yang akan Ibu jalani. Tulis pilihan persalinan yang ibu inginkan di rencana persalinan. Pihak rumah sakit tentu akan berusaha memberikan yang terbaik untuk kenyamanan pasien.

Jangan lupa, libatkan suami dalam apapun keputusan Ibu.

Persalinan alami

Persalinan alami adalah cara paling aman dan mudah untuk Ibu dan bayi Ibu. Ketika mendekati saatnya melahirkan, dokter akan memeriksa posisi bayi agar proses melahirkan berjalan aman.

Proses ini memang menimbulkan rasa sakit. Tapi sekarang kan banyak pilihan pereda sakit yang bisa Ibu diskusikan dengan dokter.

Operasi Caesar

Persalinan dengan operasi caesar atau dikenal juga dengan sebutan section caesarian akan menjadi pilihan dokter bila persalinan normal beresiko untuk Ibu dan bayi. Misalnya plasenta atau ari-ari menutup jalan lahir (plasenta previa) atau ibu mengidap pre-eklampsia / tekanan darah tinggi.

Masa pemulihan kesehatan Ibu setelah operasi caesar juga lebih lama dari persalinan alami.

Melahirkan Dalam Air

Melahirkan dalam air atau waterbirth kini banyak dipilih calon Ibu. Persalinan ini dianggap tidak menimbulkan stress atau trauma pada bayi karena mereka lahir di lingkungan yang serupa dengan suasana dalam rahim Ibu.

Bagi Ibu, persalinan ini juga mengurangi stress dan tidak terlalu membutuhkan pereda sakit. Jangan takut soal pernafasan bayi . Karena bayi belum mulai bernafas  hingga mereka berada di udara terbuka.

Beberapa rumah sakit menyediakan bath-up, shower atau kolam jika Ibu memilih melahirkan dalam air. Tapi cermati dulu apa saja yang ditawarkan oleh rumah sakit .

About Baby Orchestra

Portal Informasi untuk ibu dan anak pada masa kehamilan dan tahap awal perkembangan anak.

Posted on October 22, 2010, in Persalinan and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Komentar Bunda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: