Kerja Shift Berisiko Bagi Wanita Hamil

inmagine.com

Wanita yang sedang mengandung disarankan untuk tidak bekerja dengan sistem shift. Hasil penelitian tim yang dikepalai oleh Dr. Lisa A. Pompeii dari `the University of North Carolina`, Chapel Hill (AS) menyebut bahwa wanita hamil yang bekerja secara shift akan berisko melahirkan bayi prematur.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr Lisa A Pompeii sebagaimana dipublikasikan oleh `the journal Obstetrics & Gynecology` memang sangat kontrovesi. Karena berbeda dengan penelitian sebelumnya Dr Lisa juga menyebut bahwa tekanan fisik selama bekerja seperti berdiri dan mengangkat obyek berat ternyata tidak erat kaitanya dengan terjadinya kelahiran prematur atau tubuh bayi saat lahir menjadi pendek.

Untuk bisa memaparkan hasil studinya itu, Dr Pompeii dan rekan-rekanya melakukan penelitian atas 1900 wanita hamil di North Carolina. Kepada para wanita hamil ini Dr Pompeii melakukan wawancara bagaimana kondisi tempat mereka bekerja selama 7 bulan masa kehamilan. Para wanita itu juga ditanya mengenai berapa jam sehari mereka harus berdiri dan berapa sering mereka mengangkat beban sekitar 25 pound atau lebih setiap harinya.

Hasilnya Dr Pompeii menemukan bahwa wanita yang menghabiskan waktu beberapa jam seperti dalam pertanyaan (lebih dari 30 pekan) tidak memiliki kaitan dengan kelahiran prematur atau bayi lahir dengan kondisi tubuh pendek.

Hal yang sama terjadi pada wanita yang setiadknya mengangkat beban 13 kali dalam sepekan. Aktifitas fisik ternyata tidak ada kaitan yang erat sebegai penyebab terjadinya kelahiran awal.

Satu hal yang penting wanita yang bekerja antara 10 p.m dan 7 a.m. setiap harinya malah akan mendapatkan resiko kelahiran prematur. Sebagai contoh wanita yang kerja secara shfit malam hari dalam tiga bulan pertama akan memiliki potensi 50 persen melahirkan secara prematur. Untuk kejadian yang terakhir, Dr Pompeii tidak memiliki alasan yang jelas.

Salah satu kemungkinan adalah aktifitas pekerjaan malam akan merubah uterus yang memang akan aktif pada malam hari. Kemungkinan lain adalah soal waktu tubuh yang membuat aktifitas uterus berjalan tidak pada semestinya.

Sumber : Obstetrics & Gynecology,

About Baby Orchestra

Portal Informasi untuk ibu dan anak pada masa kehamilan dan tahap awal perkembangan anak.

Posted on October 5, 2010, in Pantangan Ibu Hamil and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Komentar Bunda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: