Do’s dan Don’ts Buat yang Ingin Hamil

inmagine.com

Do’s

– Rutin berhubungan seks

Jika Anda secara konsisten berhubungan seks dua atau tiga kali seminggu, hampir pasti Anda akan berhubungan pada masa subur.

– Berhubungan sekali sehari dekat waktu ovulasi

Hubungan seks setiap hari dekat hari ovulasi bakal meningkatkan kemungkinan hamil. Meskipun konsentrasi sperma suami agak drop sedikit setiap kali berhubungan, pengurangan konsentrasi itu bukan masalah buat pria sehat.

– Bergaya hidup sehat

Jaga berat badan sehat, olahraga teratur, makan gizi sehat berimbang, dan menjaga stres agar terkontrol. Kebiasaan sehat yang sama itu juga akan mengawal diri Anda dan bayi dengan baik saat hamil.

– Pertimbangkan perencanaan kehamilan

Dokter akan menilai kesehatan Anda secara umum dan membantu mengidentifikasi perubahan gaya hidup yang mungkin akan meningkatkan kesempatan anda mendapatkan kehamilan sehat. Perencanaan seperti ini khususnya berguna jika Anda atau pasangan punya masalah kesehatan tertentu.

– Minum vitamin

Asam folat (vitamin B9) berperan penting dalam perkembangan bayi. Minumlah suplemen asam folat paling tidak sebulan sebelum kehamilan sampai trimester pertama untuk mengurangi risiko penyakit spina bifida dan cacat tabung saraf lain sampai 70 persen.

Don’ts

– Merokok

Tembakau mengubah lendir di mulut rahim yang mencegah sperma mencapai sel telur. Merokok juga meningkatkan risiko keguguran dan menekan perkembangan bayi karena menahan asupan oksigen dan gizi untuk si bayi. Jika merokok, minta bantuan dokter untuk berhenti sebelum hamil. Untuk kepentingan anak, cobalah berhenti merokok.

– Minum alkohol

– Minum obat tanpa persetujuan dokter

Minum obat-obatan tertentu, apalagi tanpa resep dokter, dapat menyebabkan sulit untuk hamil.

Kapan harus ke dokter?

Berhubungan seks rutin tanpa pelindung, pada sebagian besar pasangan sehat, umumnya akan membuahkan kehamilan dalam waktu satu tahun. Jika Anda masih berusia awal 30 atau lebih muda dan sehat, cobalah sendiri selama setahun sebelum konsultasi dokter. Anda butuh bantuan dokter jika usia Anda di atas 35 tahun dan siklus menstruasi lebih dari 35 hari atau pasangan diduga punya masalah kesuburan. Ketidaksuburan sama-sama memengaruhi pria dan wanita. Jangan khawatir, pengobatannya ada kok, bergantung sumber masalah, ginekolog, dokter urologi, dan dokter Anda.

About Baby Orchestra

Portal Informasi untuk ibu dan anak pada masa kehamilan dan tahap awal perkembangan anak.

Posted on September 29, 2010, in Pantangan Ibu Hamil, Tips Hamil Sehat and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Komentar Bunda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: