Saat Hamil, Hindari Beberapa Pekerjaan Tertentu!

inmagine.com

Kehamilan yang sehat tentu menjadi dambaan bagi setiap calon orang tua. Selain menjaga konsumsi makanan sehat dan selalu periksa ke dokter, ada beberapa perkerjaan rumah tangga yang harus dihindari bunda karena bisa berefek buruk bagi janin. Hal ini terutama ketika bunda sedang hamil muda, dimana faktor kelelahan bisa membahayakan janin. Meskipun biasanya dorongan untuk membersihkan rumah maupun semua yang terlihat berantakan terasa kuat. Saat hamil tua bunda malah dianjurkan untuk memperbanyak jalan kaki agar mempermudah dalam persalinan nantinya. Intinya bunda tidak diperbolehkan bekerja berlebihan dan harus tahu pekerjaan apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan.

Beberapa pekerjaan rumah yang harus dihindari saat hamil :

Membersihkan kandang binatang peliharaan.

Membersihkan kandang binatang beresiko menimbulkan toksoplasmosis yang bisa menular lewat kotoran maupun bulu hewan. Toksoplasmosis berbahaya bagi perkembangan janin, bahkan bisa mengakibatkan keguguran. Untuk itu selalu jaga kebersihan binatang peliharaan serta cuci tangan dengan sabun usai memegangnya. Jangan lupa memakai sarung tangan saat berkebun.

Menggunakan obat pembasmi serangga.

Sebisa mungkin hindari penggunaan obat-obat pembasmi serangga terutama yang disemprot ke udara karena lama mengendap di perabot maupun benda dibawahnya. Obat serangga mengandung pestisida yang jika terhirup tubuh akan dibawa darah ke janin yang membahayakan perkembangan janin.

Mengangkat atau memindahkan perabot rumah tangga maupun benda yang berat.

Hal ini untuk menghindari terjadinya cedera punggung. Saat hamil punggung telah menanggung beban lebih berat karena janin yang ada dalam rahim.

Mengecat atau mempolitur perabotan.

Cat dan politur juga berbahaya bagi ibu hamil karena kandungan bahan kimianya yang tinggi. Hindari pekerjaan mengecat rumah maupun berada di dalam rumah yang sedang dicat untuk menghindari paparan bahan kimia. Jika terpaksa melakukan pekerjaan tersebut pilih bahan yang aman serta gunakan sarung tangan dan beri ventilasi yang cukup. Hindari makan dan minum saat melakukan pekerjaan tersebut.

About Baby Orchestra

Portal Informasi untuk ibu dan anak pada masa kehamilan dan tahap awal perkembangan anak.

Posted on September 24, 2010, in Kehamilan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Sedang hamil usia minimum 10 minggu? Mau tahu jenis kelamin bayinya perempuan atau laki-laki? hanya dengan URIN di pagi hari, dengan IntelliGender, anda dapat mengetahuinya dalam 10 menit!. Buatan Amerika, kini hadir di Indonesia. kunjungi kami di IntelliGenderIndonesia.com atau hubungi call center di 085221331555, bisa juga melalui sms ke nomer tersebut, BBpin: 258b8d26. So? Kenapa harus menunggu sampai bulan ke 5-6 melalui USG untuk mengetahuinya? get yours now!

Komentar Bunda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: