Ibu Hamil Merokok, Anak Bisa Kelainan Jiwa

inmagine.com

Vera Farah Bararah
Satu lagi penemuan negatif dari rokok terhadap ibu hamil. Jika sebelumnya merokok pada ibu hamil bisa menyebabkan cacat janin, kini ditemukan gangguan psikotik (kelainan jiwa) anak juga timbul dari ibu yang perokok.

Merokok saat hamil diketahui akan berdampak buruk pada janin yang dikandungnya. Peneliti dari Inggris melaporkan bahwa ibu yang merokok selama hamil memiliki risiko lebih tinggi anaknya mengalami gejala psikotik saat remaja.

Para peneliti ini terdiri dari 4 Universitas di Inggris dan melibatkan 6.356 anak-anak yang berusia 12 tahun, anak-anak ini ditanya mengenai gejala-gejala psikotik seperti sering mengalami halusinasi atau delusi. Sebesar 19 persen ibu dari anak-anak tersebut merokok saat hamil dan lebih dari 11 persen anak-anak tersebut dicurigai atau telah pasti memiliki gejala psikotik.

Banyak penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa rokok bisa berbahaya terhadap

janin yang sedang dikandung. Risiko ini termasuk bayi lahir dengan berat badan di bawah normal dan meningkatkan risiko sindrom kematian bayi mendadak atau bayi mengalami cacat jantung.

“Semakin banyak ibu yang merokok maka semakin besar kemungkinan anak-anak yang dilahirkan memiliki gejala psikotik,” ujar Stanley Zammit, seorang psikiater di Cardiff University’s School of Medicine dan juga ketua peneliti, seperti dikutip dari Reuters, Senin (5/10/2009).

Stanley juga menambahkan bahwa diperkirakan sekitar 20 persen dari remaja yang ada saat ini tidak akan mengalami gejala psikotik jika ibunya tidak merokok. Namun, saat ini gaya hidup yang ada dimasyarakat menujukkan bahwa banyak perempuan yang merokok, sehingga kemungkinan meningkatkan anak yang memiliki gejala psikotik akan lebih besar.

Para peneliti juga menemukan bahwa ibu yang mengonsumsi alkohol selama kehamilan dikaitkan dengan peningkatan gejala psikotik, tetapi hanya pada anak-anak yang ibunya telah minum lebih dari 21 unit alkohol selama seminggu awal kehamilan.

Alasan-alasan yang menghubungkan antara ibu merokok dan gejala psikotik pada anak sampai saat ini belum terlalu jelas. Tetapi Zammit dan koleganya menyarankan bahwa paparan tembakau dalam kandungan ibu hamil bisa mempengaruhi impulsif, perhatian dan kesadaran anak.

Peneliti mengatakan masih diperlukan penelitian yang lebih mendalam untuk dapat mengetahui dengan pasti bagaimana paparan dari tembakau dapat mempengaruhi atau berdampak pada perkembangan otak anak.

About Baby Orchestra

Portal Informasi untuk ibu dan anak pada masa kehamilan dan tahap awal perkembangan anak.

Posted on September 3, 2010, in Kosmetik dan Bahan Kimia Berbahaya bagi Ibu Hamil, Pantangan Ibu Hamil and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Komentar Bunda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: