Ibu Hamil Morning Sickness, Keturunan Cerdas

inmagine.com

Rasa mual yang disertai dengan keinginan untuk muntah, umum dirasakan perempuan yang sedang hamil. Kondisi yang disebut juga dengan morning sickness ini seringkali menghambat aktivitas ibu hamil. Tak jarang dari mereka yang merasakan tubuhnya lemas, letih dan malas melakukan sesuatu. Tapi taukah Anda, morning sickness yang kerap mengganggu ibu hamil ternyata memberi dampak baik bagi perkembangan sang janin?

Menurut penelitian di Kanada, ibu yang menderita morning sickness selama masa kehamilannya akan menghasilkan keturunan yang cerdas dan memiliki nilai IQ yang tinggi.

Hasil ini diketahui, setelah tim ilmuwan dari The Hospital for Sick Children di Toronto, melakukan penelitian sejak tahun 1998 – 2003 dengan melibatkan sekitar 121 ibu yang sedang hamil. Mereka juga kemudian melakukan tes IQ terhadap anak-anak dari para ibu tersebut yang berusia antara 3 – 7 tahun.

Diketahui bahwa hormon yang membuat ibu hamil merasakan sakit ternyata bermanfaat bagi janin dalam perkembangannya. Hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara online dalam The Journal of Paediatrics ini menunjukan bahwa hebatnya rasa sakit yang dialami sang ibu merupakan penentu tingginya nilai intelegensi anak. Anak yang dilahirkan dari seorang ibu yang sering merasakan mual dan muntah selama masa kehamilannya dulu terlihat lebih baik dalam melakukan tes intelegensi.

Pada penelitian tersebut, tim peneliti juga tidak mengabaikan faktor-faktor lainnya yang bisa mempengaruhi tingkat kecerdasan anak, misalnya tingkat IQ ibu, gaya hidup ibu seperti sering tidaknya mengkonsumsi minuman beralkohol selama masa kehamilan serta status sosial-ekonomi keluarga. Semua faktor ini juga dijadikan pedoman dalam penelitian tersebut.

Dr Irena Nulman, yang terlibat dalam penelitian beserta rekan ilmuwan lainnya, menyakini bahwa rasa sakit yang diderita ibu selama masa kehamilan, bisa jadi merupakan efek samping dari perubahan tingkat hormon, yang dikenal dengan hormon HCG (Human Chronic Gonadotropin) dan tiroksin. Fluktuasi ini membantu memastikan apakah plasenta ibu berkembang dengan baik dalam mengantarkan nutrisi penting bagi bayinya.

Sumber : Conectique

About Baby Orchestra

Portal Informasi untuk ibu dan anak pada masa kehamilan dan tahap awal perkembangan anak.

Posted on August 24, 2010, in Kehamilan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Komentar Bunda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: