Hormon Cinta Pada Suara Ibu Berikan Efek Dahsyat Pada Anak

inmagine.com

MADISON – Tentu saja semua ibu ingin menyaksikan tiap perkembangan buah hatinya. Tapi bagaimana jika ibu harus bekerja di luar rumah? Sering-seringlah berkomunikasi dengan si kecil lewat telepon karena suara ibu setara dengan pelukan.

Bekerja dan menjadi ibu memang bukan tugas yang mudah. Namun, ada banyak cara untuk menyiasati waktu yang langka. Komunikasi lewat telepon salah satunya. Selain menjadi “obat rindu”, bercakap-cakap dengan anak di telepon juga akan membuat hati anak lebih nyaman, senyaman di peluk ibu.

Suara ibu layaknya sebuah pelukan lembut. Seperti diberitakan dari laman dailymail.co.uk, suara ibu tak hanya bisa menenangkan hati anak, tapi juga bisa menjadi obat paling ampuh menghilangkan stres si kecil.

Penelitian University of Wisconsin-Madison, Amerika, menemukan, saat mendengar suara lembut ibu, saraf seorang anak akan bekerja cepat dan langsung memberikan ketenangan.

Temuan ini bisa membantu menjelaskan mengapa ibu sering menjadi orang pertama yang dicari saat seorang anak berada dalam masa-masa sulit. Bahkan, ketika dewasa pun anak-anak seringkali menjadikan suara ibu sebagai obat penenang.

Tim peneliti melihat peran oxytocin, hormon cinta mempengaruhi efek dahsyat suara ibu pada anak. Dikenal sebagai cuddle hormone, hormon ini dilepaskan ke dalam darah selama persalinan, sehingga bisa memicu produksi ASI dan membantu kedekatan ibu dan anak. Hal ini juga yang menyebabkan ASI bisa menjadi salah satu kunci kemampuan ibu untuk menenangkan anaknya.

Penelitian menunjukkan, pelukan bisa mengurangi rasa stres, bahkan rasa sakit yang kita derita. Namun, terkadang jarak menghalangi terjadinya kontak fisik. Untuk menyiasatinya, pelukan bisa digantikan sementara oleh komunikasi di telepon, khususnya suara ibu pada anaknya. Hal itu terbukti lewat penelitian terbaru yang dilakukan ilmuwan dari Amerika.

Begitu juga dengan penelitian yang melibatkan 60 anak perempuan berusia 7-12 tahun yang dikondisikan berada dalam situasi stres. Mereka diminta melakukan pidato di depan orang yang tidak dikenalnya. Kemudian kadar hormon mereka dimonitor, apakah ada perubahan yang terjadi ketika mereka mendapat pelukan dari ibunya atau ketika berbicara lewat telepon.

Anak-anak itu dibagi dalam tiga kelompok, yakni kelompok anak yang ibunya berada di sampingnya untuk memberikan rasa nyaman, baik berupa pelukan atau genggaman tangan. Kelompok kedua adalah anak yang berbicara dengan ibunya di telepon dan terakhir adalah kelompok anak yang menonton film March of the Penguin, yang bersifat netral.

Oksitoksin, hormon yang berkaitan dengan ikatan emosional dan menjadi penawar efek hormon stres, kortisol, ternyata meningkat pada anak di kelompok satu dan dua. Namun tidak demikian dengan kadar oksitoksin pada anak di kelompok tiga.

Hasilnya, seperti dilaporkan dalam jurnal ‘Proceeding of Royal Society B’, tingkat oxytocin meningkat cepat pada anak-anak yang berbicara dengan ibu mereka. Yang mengejutkan, anak-anak yang menelepon ibu mereka merasa sangat tenang layaknya setelah dihibur pelawak.

“Selama ini oxytocin diketahui hanya keluar bila ada kontak fisik. Ternyata tidak juga, terbukti suara ibu di telepon memiliki efek setara dengan pelukan,” kata Dr Leslie Seltzer, ketua peneliti, dari Universitas Wisconsin-Madison.

Itulah sedikit bukti “Miracle of Mother” secara medis, dan yang tidak bisa diragukan lagi keajaiban-keajaiban lagi.

Kesimpulannya, cara termudah untuk meredakan stres adalah dengan menelepon ibu Anda. Ingin mencoba? (fn/vs/km/vi) www.suaramedia.com

About Baby Orchestra

Portal Informasi untuk ibu dan anak pada masa kehamilan dan tahap awal perkembangan anak.

Posted on August 23, 2010, in Stimulasi PreNatal and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Komentar Bunda ...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: