Resiko Kepala Bayi Sering Terbentur


Menjelajah ke sana kemari, berlarian, atau memanjat, merupakan ciri khas balita. Aktif bergerak memang membuat badan si kecil menjadi sehat, tapi risiko terjatuh atau terbentur benda keras juga tinggi. Bila balita mengalami cidera di kepala, perlukah pemeriksaan dalam?

Mengingat bahaya radiasi untuk anak, para ahli mengingatkan agar orangtua tak melakukan pemeriksaan dalam seperti computed tomography (CT) scan untuk setiap luka atau cidera yang terjadi di kepala.

Analisis data yang dilakukan peneliti dari Amerika Serikat terhadap 42.000 anak yang mengalami luka di kepala, 35 persennya menjalani pemeriksaan CT scan, menunjukkan hanya satu persen (376 anak) saja yang mengalami luka trauma di otak dan 60 di antaranya harus menjalani operasi. Ini berarti, sebenarnya lebih banyak anak yang lukanya ringan.

Untuk lebih jelasnya, bila anak berusia kurang dari 2 tahun terjatuh, bapak dan ibu tak perlu khawatir bila anak :

* Setelah jatuh tetap aktif bergerak

* Tidak mengalami muntah

* Tidak ada pembengkakan di kepala

* Tidak pingsan atau hilang kesadaran

* Secara kasat mata tidak terlihat adanya retak pada tulang tengkorak.

Dengan panduan bahaya di atas, para peneliti mampu memprediksi secara akurat (100 persen benar) 1.176 pasien yang mengalami luka di kepala dan dinyatakan bukan luka serius.

Untuk pasien berusia 2-18 tahun, skrining untuk menentukan kondisi klinis luka di kepala meliputi:

* anak tetap aktif,

* tidak pingsan atau hilang kesadaran,

* tidak muntah,

* tidak ada mekanisme luka,

* tidak ada keluhan sakit atau nyeri di kepala,

* serta tidak ada tanda retak di tengkorak.

Dengan panduan tersebut, para ahli dengan tepat (99,95 persen) menilai luka 3.800 pasien.

Jenis luka di kepala yang perlu mendapat perhatian serius adalah luka internal yang melukai tengkorak serta pembuluh darah di tengkorak dan otak.

Indikator anak mengalami luka internal dan perlu segera memanggil petugas kesehatan adalah:

* Anak tidak sadar atau pingsan

* Napas tidak normal

* Keluar darah dari hidung, mulut, atau telinga

* Pusing

* Muntah lebih dari 3 kali atau kejang

Jika balita atau anak tidak sadar, jangan memindahkan balita sampai ambulans datang karena dikhawatirkan ada luka di leher atau tulang belakang. Pegang kepala/leher balita (jangan sampai bergerak), sangga dengan bidai atau sangga lehernya dengan selimut yang tebal.

About these ads

Posted on July 18, 2011, in Problem & Penyakit pada Bayi dan Anak and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 9 Comments.

  1. anaku azka sering terjatu. jatuh dari sringbet 3x. pernah juga wakt duduk dia marah lalu membenturkan kplanya ke belakang. terakhr dia berdiri megang tralis jendela kemudian terduduk lalu terlentang, kasihan dia.. gmana solusinya biar tdak mnggangu masa depanya,

  2. Tanya dong?Anak saya umur 20bln,dia termasuk anak yang aktif & ngak mau diem!makanya itu dia sering jatuh&terbentur kepalanya.apakah itu pengaruh buat kecerdasanya?thx,,

  3. anakku jatuh dari t4 tidur springbed, gk tau posisi pertama jatuh pas aku bangun dy tengkurep tapi gk nangis. aku periksa badan, kaki , kepala gk ada yg luka atau lebam tapi yang menyedihkan dy gk ketawa seceria kemarin. senyumpun jaraang padahal dy termasuk anak yang aktif dan ceria sekali….gimana ya?hiks…hiks…jd kepikiran terusss…. T_T

  4. kemaren si naurah merangkak trus berdiri pegangan sepeda roda tiganya, krn sepeda tu digoyang2in jd sepedanya miring nah sinaurah jatuh duduk trus terlentang kepalanya kebentur ke lantai, saat itu br aq tinggal 5 langkah, krn dia kesit aq g nutut meganginnya…..smoga gak terjadi apa2 ya??? krn tak raba2 dibelakang kapalanya agak bengkak dikit???

  5. anakku terbentur kepalanya di tembok, bag belakang kemudian muntah…ttp ttp aktif…hiks…hiks…bgmn ya kl bgtu

  6. anakku jg sering ngejedukin kepala ke lantai kalo lg tengkurep. asalnya aku kuatir bgt dgn perkembangan otaknya, skrg jd ga kuatir lg. thx ya

  7. thanks for info, anak sy kemarin sering terbentur tapi cuma nangis tapi tetep bs aktif. Ak jd tdk khawatir. Tapi smoga anaku tdk terbentur lg

Silakan coerhat bun...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 621 other followers

%d bloggers like this: