Tanda-tanda Persalinan


inmagine.com

Proses persalinan pada setiap wanita itu berbeda-beda. Namun Ada beberapa tanda – tanda persalinan yang dapat membantu ibu untuk memperkirakan kapan waktu bersalin tiba.

Engagement ( turunnya kepala bayi pada panggul )

Ketika Persalinan sudah dekat kepala bayi mulai turun ke tulang panggul. Ini adalah akibat pelunakan uterus. Pada wanita yang melahirkan untuk pertama kalinya, tanda – tanda persalinan ini terjadi beberapa minggu sebelum persalinan yang sesungguhnya. Sedangkan untuk Kehamilan berikutnya, tanda – tanda ini akan dirasakan ketika mendekati persalinan.


Kontraksi Reguler dan Rasa Nyeri Dari Rahim

Mengejangnya otot-otot rahim yang dimulai dari bagian atas perut, yaitu puncak rahim menuju keseluruh bagian rahim dari atas ke bawah dan akhirnya terasa keseluruh rahim. Kontraksi membuat otot-otot rahim berkerut dan menarik serta membuka mulut rahim sambil mendorong kepala bayi ke arah jalan lahir.

Keluarnya Lendir dan Darah ( Bloody Show )
Kondisi ini disebabkan oleh adanya proses pembukaan dan pendataran mulut rahim. Lendir ini awalnya berada dan menyumbat mulut rahim. Karena terjadi kontraksi yang kemudian membuka mulut rahim maka cairan inipun keluar

Pecahnya Ketuban
Semakin dekat proses kelahiran, kantung ketuban yang selama ini melindungi bayi dalam rahim, akan pecah dan mengeluarkan cairan ketuban yang berwarna jernih atau kadang kala keruh karena bercampur lemak kulit. Jika hal ini terjadi diduga persalinan akan terjadi dalam 24 jam. bayi akan semakin dekat ke arah pelebaran rahim.(bidandesa.com)

Artikel Terkait :

About these ads

About Baby Orchestra

seorang emak biasa ;)

Posted on December 14, 2010, in Persalinan and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. dok saat ini usia kandungan saya 37minggu,dari tadi pagi saya mengeluarkan cairan bening dan tak berbau dari jalan lahir,,tp sampe sekarang perut gak terasa sakit atau mules2,apakah itu berbahaya/tidak?

  2. vieni lestari fitra

    boleh tau ga apa ciri” ibu yang lagi hamil anak laki” ato perempuan?? trus ada perbedaan ga dari segi emosional atau bentuk perut dari ibu tersebut??
    makasih yaaa…

  3. Dok, mulut rahim saya terasa nyeri, sperti pngen pipis, tp ga pngen pipis, ngilunya kdang agak lama, skrg udah smakin sering sperti itu, dan clana dlem saya basah terus,bukan krna kputihan, tp ga berbau.apa itu sudah mendekati persalinannn yah dok ??? Mkasih atas info nya

  1. Pingback: Perkembangan Janin dari Minggu ke Minggu >< | sweetlikestrawberry

  2. Pingback: Perkembangan Janin dari Minggu ke Minggu | lovehackerz

  3. Pingback: Diary of me » Blog Archive » Hamil itu Nikmat :)

  4. Pingback: Hamil itu Nikmat :) « Diary of Me

Silakan coerhat bun...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 658 other followers

%d bloggers like this: