Makanan yang Boleh dan Tak Boleh untuk Ibu Hamil Tiap Trimester


inmagine.com

Setiap ibu hamil harus memenuhi nutrisi yang tepat, karena hal ini bisa berdampak terhadap perkembangan bayi yang dikandungnya. Untuk itu ketahui dengan pasti makanan apa saja yang baik dikonsumsi selama hamil.

Terkadang banyak ibu hamil yang berpikir bahwa dirinya harus makan untuk dua porsi yaitu ibu dan anak yang dikandungnya. Padahal pola pemikiran seperti itu tidak benar, karena bisa saja nanti si ibu mengalami obesitas yang justru bisa membahayakannya.

Seperti dikutip dari Pregnancy, Selasa (15/12/2009) ada beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil berdasarkan usia kandungannya, yaitu:

Trimester pertama (1-3 bulan).
Pada trimester pertama kehamilan merupakan saat-saat penting pertumbuhan awal janin, sehingga baik bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan sehat yang idealnya dilakukan sejak sebelum hamil. Terkadang saat trimester pertama ini perempuan mengalami morning sickness yang membuatnya sulit untuk makan dengan benar.

Pada trimester pertama ini hindari makan junk food, makanan olahan (instan) serta makanan atau minuman yang mengandung gula berlebih. Fokuskan makanan yang mengandung protein, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu serta lemak sehat. Usahakan mengonsumsi asam folat yang bagus untuk perkembangan otak janin di trimester pertama ini, asam folat bisa didapat dari sayuran hijau, biji-bijian atau dari suplemen.

GARAGE SALE PERLENGKAPAN BAYI HARGA MURAH !

Trimester kedua (4-6 bulan)
Ketika memasuki usia kehamilan trimester kedua, ibu hamil harus mulai memfokuskan diri pada upaya untuk menjaga keseimbangan berat badan dan makanan yang sehat. Karenanya saat trimester kedua ini penting untuk mengevaluasi pola makan ibu hamil.

Ketahui apakah sudah memenuhi 60 gram protein setiap hari, sembilan atau lebih porsi biji-bijian, tujuh porsi buah-buahan dan sayuran berwarna hijau, membatasi makanan tinggi lemak, garam dan gula karena bisa berakibat buruk pada janin yang dikandung. Serta hindari mengonsumsi ikan yang mengadung kadar merkuri tinggi seperti ikan pedang, king mackerel. Tapi bisa diganti dengan udang, salmon, lele dan tuna.

Trimester ketiga (7-9 bulan)
Saat memasuki trimester terakhir, pola makan si ibu harus disesuaikan dengan berat badan janin yang dikandungnya. Jika janin sudah memiliki berat cukup normal, maka ibu harus membatasi asupan makannya dan mulai sedikit melakukan diet karena pertumbuhan janin yang dikandung lebih cepat dibanding trimester sebelumnya. Meskipun orang hamil cenderung cepat merasa lapar, tapi lebih baik ibu hamil makan 6 kali dengan porsi kecil dibandingkan 3 kali makan dengan porsi besar.

Pada trimester ini kurangi asupan karbohidrat, karena bisa menambah bobot sang ibu yang nantinya mempersulit proses melahirkan. Namun, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi 8 gelas air putih dan juga 1.000 miligram kalsium setiap harinya untuk membantu pertumbuhan tulang janin yang dikandung.
detik.com

GARAGE SALE PERLENGKAPAN BAYI HARGA MURAH !

About these ads

28 thoughts on “Makanan yang Boleh dan Tak Boleh untuk Ibu Hamil Tiap Trimester

  1. ::Hi usia kaNdungan saya 7 bLan.. V saya sering minum air es.. Sama makaN mkaNaN eang pedEs.. Hampir tiap hari. Soalnya kaLo Lepas ri itU kaya y nda bisa.
    Berpengaruh terhadap bayi y nda??_ :)

  2. Saya hamil 6 bln, ini anak pertama trisemester pertama saya g bisa mkn dan minum sembarangan(mknan yg g dipengen mksudnya) pasti muntah. Tpi klw mkn buah tidak, skrg trisemester k2pun masi sama knp y? Padahal si baby aktif bgt diperut. Dan sya juga jdi takut minum2an vitamin krn pasti muaL.

  3. Saya hamil 3 bln sampe sekarang 4 bln saya mkn ini mkn itu muntah” terus gk mau terima mknyg aku mkn tp saya setiap mkn mie goreng pake sayur sama telor .pake nasi langsung ludes tp klu kaya gitu buka nya gk ada gizi buat bayi…..dan saya bungung gk tau mau mkn apa jd saya serba salah…..tolong infomasi nya thank’s you…..

  4. assalammualaikum wr.wb
    saya sedang hamil minggu ke12,tpi saya tidak suka makan nasi makanan yg lain pun kerasa malas,hasilnya mual kerasa perut kembung,gimana yah cara ngatasinnya?

  5. slam . kandungan saya sudah masuk 5 bulan tpi saya sering mkan baso dan mie ayam kadang dalam seminggu bisa 2 atau 3 x makan . aph berpengaruh pada janin saya

  6. saya hamil 5 bulan..tapi kenapa sendi-sendi lutut kaki saya terasa sakit?apalagi ketika saya dari posisi jongkok terus langsung berdiri itu knapa ya? terus dari awal kehamilan saya hampir tiap 10-15 menit sekali selalu buang air kecil..apakah memang bawaan atau ada pengaruhnya d msa kehamilan? trima kasih..

  7. saya hamil 5 bulan.masalah saya dari usia kandungan 4 bulan setiap malam kepala saya sakit hebat sampai ke gusi sya??dan setiap malam saya menanggis karena sangat sakit?apa benar saya kurang kalsium,karena saya tidak minum susu ibu hamil dan gigi saya berlubang?atau ini bawaan bayi,tapi bagaimana mengatasinya>terima kasih

  8. Hi semua, skrg usia kehamilanku udh17 minggu. Jd udh masuk TM2. Tp wkt TM1 q krg mgkonsumsi asam folat. Q tkt knp2 dg bayiku. Apa msh bs diperbaiki di TM2 ini?? Trus solusi yg trbaik apa agar baby q tdk mengalami hal hal yg tdk diinginkan? Trmksh

  9. saya hamil 3 bulan..dan pengen makan mentimun untuk rujak,tapi saya masih bingung..boleh gak ya ibu hamil makan mentimun?karna ada sumber yg mengatakan mentimun bagi ibu hamil dapat memicu keputihan. bener gak ya?
    trimakasih :)

  10. Salam…. Saya hamil 2 bulan, saya merasa khawatir akan kekurangan nutrisi yg janin butuhkan untuk perkembangannya. Bolehkah saya mengkonsumsi suplemen vitamin…. Dan suplement vitamin apa saja yg bisa saya konsumsi? Apakah minyak ikan bisa membnantu? Tmks

  11. saya lg hamil berusia 13 minggu tapi knapa saya masih mual2 and pinggang saya saya pegal2 rasanya…setiap saya telat makan pasti mw mual…yang saya mw tanya kenapa pinggang saya sering banget sakit apalagi kalau bngun tidur pagi dan pergerakan janin saya kurang bergerak

  12. sy sedang hamil 4 minggu dan ini kehamilan pertama saya,rasax mual2 trus dan klu liat mknan atau mencium mknan rasax mau muntah jdx sy kurang mkn..
    yg ingin sy tnyakan,mknan apa yg bs membantu mengurangi rasa mual dan apakah berpengaruh pada janin sy klu sy kurang mkn.????
    mohon bantuanx..

  13. Saya sedang hamiL 6 minggu, karna sering muaL kLo makan nasi, jd saya sering makan bakso ato mie ayam.. BoLehkah ibu hamiL konsumsi itu?. Ada pengaruh ke janin ato tdk?. Mohon info’a,, terimakasih ;)

    1. Lebih baik buat bakso dan mie ayam sendiri di rumah karena kita tidak tahu yg beredar di pasaran mengandung pengawet dan pewarna atau tidak. pewarna dan pengawet tidak baik untuk janin. kalau mual makan permen jahe atau madu, sangat membantu.

  14. saya sedang hamil 4 bulan.banyak keterangan yg didapat di internet yg berbeda tentang boleh tidaknya makan ikan tuna untuk ibu hamil.ada yg mengatakan di larang dan ada yang mengatan tidak apa.Bolehkan ibu hamil makan ikan tuna tapi yg di jual kalengan.?terima kasih!

  15. yang ingin sy tanyakan..
    apa saja makanan yang harus dhindari sebelum hamil untuk
    memperlancar program kehamilan

    1. biasanya usia 5 bulan sudah terasa gerakannya tapi masih kurang kuat. biasanya kalau ibu sedang rileks atau tidur, janin lebih terasa aktif bergerak. bulan ke-7 gerakan janin semakin intens dan kuat. supaya lebih pasti, cek ke dokter kandungan saja karena ada alat untuk mengecek gerakan janin

  16. saya sedang hamil 7 bulan 3 minggu . tapi saya sering sekali mengalami stress yg amat berlebihan terlebih lagi di lingkungan rumah dan keluarga saya. suami saya sering tidak mau mendengarkan keluhan saya, makanya saya sering pendam sendiri masalah saya dan jadi streess berat dan sering muntah dan merasa lemas pada tubuh saya . apakah ini akan berpengaruh buruk terhadap bayi saya?
    terimakasih :)

    1. selamat buat kehamilannya ya…. stress pada ibu hamil jelas berdampak sama janinnya. ibu harus tetap bisa mengendalikan emosi selama kehamilan. kalau suami susah diajak bicara, cari teman curhat yang lain saja.
      Artikel dibawah ini membahas pengaruh stress dan emosi ibu hamil terhadap perkembangan janin. Minta suami untuk ikut membaca juga supaya memahami kondisi ibu. Coba dengarkan musik, jalan-jalan, olahraga dan berdoa supaya stress bisa berkurang. Ingat bu, semua ibu hamil juga pernah mengalami stress, ibu tidak sendirian, yang penting cari solusi untuk mengatasinya.
      Hati-hati! Stres Kerja Ibu Hamil Berpengaruh Pada Berat Bayi
      PENGARUH IBU TERHADAP PERKEMBANGAN JANIN

Silakan coerhat bun...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s