Hamil 2 Bulan : Susah Makan dan Perut Linu


inmagine.com

Keluhanku selama hamil 2 bulan hampir sama dengan kebanyakan wanita lain. Mual, susah makan, ngantuk, capek, pusing, sering cemas  dan  perut terasa linu nyut-nyutan. Beginilah caraku mengatasinya :

1. Mual-mual :  sedia permen jahe kemanapun bunda pergi. Setiap terasa agak mual, aku langsung kunyah permen jahe sampai mualnya reda. Cara lain yang jitu yaitu minum madu 2 sendok makan. Biasanya langsung reda dan bisa nambah nafsu makan juga. Berhubung mual masih sering terutama pada siang hari, aku menggeser jam makan siang dari jam 12.30 jadi jam 15.00. Sementara siang harinya aku makan buah-buahan. Kalau sikat gigi jangan terlalu heboh ya karena bisa memicu mual juga.

2. Ngantuk dan capek : ini terjadi karena hormon progesteron yang meningkat selama kehamilan. Jadi terimalah apa adanya gak usah merasa bersalah selama hamil jadi banyak bobo-an. Pada awalnya aku juga merasa kayak orang malas yang tak berguna, tapi dilawan pun tak bisa. Jadi lebih baik kita mengikuti alam bergerak saja, asal tetap seimbang.

3. Pusing : kalau aku merasa pusing -biasanya kepala terasa berat- minum air hangat dan tidur. Katanya merendam kaki dengan air panas bisa membantu. Trus yang paling jitu sih minta suami kita pijatin kepala, dijamin langsung tidur pulas :) Tapi hati-hati kalau gejala pusingnya karena anemia. Harus konsultasi ke dokter tuh dan minum tablet penambah darah.

4. Cemas : di bulan ini kebanyakan semua bumil masih cemas kok. Kita semua senasib karena kehamilan trisemester satu memang masih rawan keguguran. Aku sendiri jadi sering ke kamar mandi lihat celana dalam takut ada flek-flek lagi berhubung aku sering keluar flek. Menurut salah satu penelitian, penyebab keguguran adalah kelainan kromosom dan genetik bukan karena kita melakukan ini atau tidak melakukan itu. Jadi gak perlu cemas berlebihan. Stress tidak baik untuk janin.

5. Susah Makan : Mau gak mau ya harus dipaksa, gimana nasib anak kita kalo gak makan. Pertumbuhan bisa terganggu.

6. Perut Linu : ternyata ini akibat otot rahim kita yang meregang karena anak kita yang semakin membesar di dalam sana. Jadi normal-normal aja kok. Kecuali kalau kram perut hebat seperti mau mens disertai pendarahan, mungkin itu gejala keguguran.

Intinya di trisemester pertama ini kita memang harus berhati-hati menjaga kandungan, menjaga kondisi fisik dan psikis dan makan makanan sehat. Lakukan apa yang bisa kita lakukan semaksimal mungkin. Selebihnya serahkan pada Tuhan, ga perlu cemas :)

About these ads

10 thoughts on “Hamil 2 Bulan : Susah Makan dan Perut Linu

  1. ani chaya says:

    Saya hamil 3 bln 2 minggu saya setiap hari pingin nya tidur terus kata org klu tidur ank bisa cpt gede di dlm perut pas hamil 2 bln sampe 3 bln klu mkn susah nya minta ampun mkn ini itu pas 3 suap langsung muntah setiap hari mulut mau nya mkn terus kadang gk tau musih mau mkn apa tp saya heran nya saya hamil 3 bln 2 minggu perut saya membesar kaya org hml 7 bulan…..

    • sama kyk sy waktu hamil pengennya tidur melulu. gpp sih bun, namanya lagi hamil beban tubuh kita jadi dua kali lipat. kalau cape ya tidur aja, stress juga ga baik loh buat perkembangan janin. untuk ngurangi mual makan permen jahe atau madu. buat saya manjur sekali.

  2. dwi says:

    Mksih atas info’y bro” mw mkan mba liat mkanan az mw muntah.aplgi pgi hari udah bdan lmez pning,mual.tiap mkanan msuk prut nolak psti muntah

  3. indah says:

    Ќãl☺
    Permen jahe bisa mmbntu agr ƍäª
    Mual, nnti ∂ķΰ. Cobaa deh
    Ќãl☺
    ∂ķΰ. Lgi puusing ∂ķΰ. Coba tidur, tp ÿ̲̣̣̣̥Ώ̶̲̣̣̥N̤̥̈̊ģ Αϑα mlah tmbah puusing, ƍäª
    Tdur pun ttep
    άjά
    Puusing, jd serba salah

  4. Dinta says:

    Permen jahex nanti dicoba de mbak..Q hamil ud masuk bulan ke 3..susahx minta ampun,jgnkan mkan,liat aj ud muntah..sampe2 skrg cuma bisa tduran aj..ud kyak mayat hdup mbak.

Silakan coerhat bun...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s